Pages

Sabtu, 12 Februari 2011

Ramuan

Ramuan Penyembuh Bisul

Instruksi untuk kelas satu yang mendapat jatah membuat Ramuan Penyembuh Bisul, empat bahan mudah, empat langkah mudah~ *meracau tak jelas*

BAHAN-BAHAN:

1. Dried nettles – Jelatang yang sudah dikeringkan
2. Crushed snake fang – Taring ular yang sudah dihaluskan
3. Stewed horned slugs – Siput bertanduk yang sudah direbus
4. Porcupine quills – Duri landak

CARA MEMBUAT:

1. Nyalakan api di bawah kuali. Hijau Kemerahan.
2. Masukkan bahan-bahannya sesuai takaran. Jelatang, siput dan taring ular. Semuanya harus sudah berupa bahan jadi.
3. Aduk searah jarum jam lima belas kali, ramuannya akan berwarna hijau tua.
4. Tambahkan adukan berlawanan arah jarum jam tiga kali, ramuanmu akan memucat. Teruskan hingga ramuanmu menjadi encer dan berwarna hijau amat pucat.


Ramuan Lupa

Yang ini enam bahan mudah, empat langkah mudah *siyul-siyul*

BAHAN-BAHAN:

1. Mata Kumbang Hitam
2. Sneezewort
3. Scurvygrass
4. Jahe
5. Sari Sopohorous
6. Bulu Jobberknoll

CARA MEMBUAT:

1. Rebus jahenya dan menambahkan bulu Jobberknol, aduk, cara mengaduk takkan berpengaruh.
2. Tambahkan sari Sopophorous. Ramuan akan jadi oranye terang.
3. Biarkan sejenak, kemudian baru tambahkan bahan-bahan sisanya.
4. Besarkan apinya, dan tambahkan airnya sedikit lagi. Aduk perlahan, kemudian biarkan ramuan sampai mendidih dan meletup-letup.


Ramuan Pengempis

BAHAN-BAHAN:

1. Getah karet
2. Air belerang
3. Essens klorofil
4. Kacang kemiri
5. Limpa tikus
6. Lendir lintah
7. Taring ular
8. Sari bunga Bouganville

CARA MEMBUAT:

1. Rebus getah karet dan belerang dalam satu kuali, dan jaga suhu api. Aduk searah jarum jam 3 kali, dan berlawanan arah jarum jam 4 kali.
2. Hancurkan taring ular dan tumbuk hingga halus, masukan ke dalam kuali. Tambahkan dua tetes lendir lintah, dan aduk hingga berwarna kecoklatan.
3. Potong-potong limpa tikus dan masukan 3 potong limpa tikus ke dalam ramuan itu, aduk kembali di atas api sedang. Setelah beberapa menit dan ramuan mulai mengental, kecilkan apinya hingga hanya terdapat buih-buih kecil di dalam ramuan itu.
4. Tambahkan kemiri yang dikeprek dengan belati perak, dan biarkan dia mengeluarkan minyak dan membuat ramuan encer dan berwarna putih susu. Masukan essens klorofil dan sari bunga Bouganville. Aduk hingga rata dan berwarna hijau terang. Tunggu beberapa menit dan ramuan siap digunakan.


Cairan Penyusut

BAHAN-BAHAN:

1. Chopped daisy roots - irisan akar daisy (kemuning)
2. Skinned shrivelfig - ara-kisut yang dikupas
3. Sliced caterpillar- potongan ulat
4. One rat spleen - satu ekor tikus
5. Dash of leech juice - sesendok jus lintah


Larutan Linglung

BAHAN-BAHAN:

1. Sneezewort
2. Scurvygrass
3. Lovage
4. Hati Buaya
5. Otak kodok

CARA MEMBUAT:

1. Rebus Sneezewort dan Scurvygrass, aduk, cara mengaduk takkan berpengaruh.
2. Biarkan sejenak, tambahkan hati buaya dan otak kodok, kemudian aduk lagi, hingga ramuan mengental dan berwarna ungu-merah tua, semakin menggelap.
3. Tambahkan lovage, aduk sampai ramuan menjadi kuning terang.
4. Besarkan apinya, dan tambahkan airnya sedikit lagi, hingga ramuan menjadi cukup encer. Aduk perlahan, kemudian biarkan ramuan sampai mendidih. Angkat dari kuali dan saring hingga yang tersisa hanyalah sarinya.

Bisa juga dibuat dengan komposisi berikut (namun khasiat jauh di bawah komposisi standar):

BAHAN-BAHAN:

1. Mata Kumbang Hitam (sesendok)
2. Jahe (diiris tipis-tipis)
3. Sari Sopohorous
4. Bulu Jobberknoll
5. Lovage

CARA MEMBUAT:

1. Rebus jahenya dan menambahkan bulu Jobberknol, aduk, cara mengaduk takkan berpengaruh.
2. Tambahkan sari Sopophorous yang sudah diencerkan. Ramuan akan jadi oranye terang.
3. Biarkan sejenak, tambahkan mata kumbang hitam, kemudian aduk lagi, hingga ramuan mengental dan berwarna biru, semakin menggelap.
4. Tambahkan lovage, aduk sampai ramuan menjadi kuning terang.
5. Besarkan apinya, dan tambahkan airnya sedikit lagi, hingga ramuan menjadi cukup encer. Aduk perlahan, kemudian biarkan ramuan sampai mendidih. Angkat dari kuali dan saring hingga yang tersisa hanyalah sarinya.


Ramuan Pengubah Warna

_____ _____
22 March, 2008
Essay Ramuan Pengubah Warna

RAMUAN PENGUBAH WARNA
oleh Lily Evans

I. Pengertian

Ramuan Pengubah Warna, sesuai namanya, secara harafiah berarti Ramuan untuk mengubah warna suatu benda.

II. Khasiat
Dengan ramuan ini, kau bisa mengubah apapun menjadi sewarna yang kau inginkan -merah, putih, hijau, berpendar perak, coklat lumpur- asalkan kau membuat ramuannya dengan benar. Ucapkan dan niatkan dalam hati warna seperti apa persisnya yang kau inginkan, tuangkan atau oleskan ramuannya (bukan diminum!) dan itulah yang akan terjadi. Bila tidak hati-hati, dan kau lupa mengucapkan niat, maka warna yang terjadi akan sesuai dengan perasaan hatimu saat itu.

III. Efek

Efek ramuan ini –bila dibuat dan dipergunakan dengan cara yang benar– dapat bertahan mengubah warna suatu benda selamanya, atau sampai penangkalnya atau Ramuan Pengubah Warna menjadi warna yang lain ditambahkan.

Ramuan ini sebenarnya mempunyai efek yang sama dengan Mantra Pengubah Warna, tapi itu baru saja akan pelajari kalau kita mengambil OWL Mantra di kelas enam. Ramuan ini bisa dibuat saat siswa sudah mengerti esensi dari pembuatan ramuan dan bisa membuatnya dengan tekun. Kira-kira saat ia sudah kelas empat atau lima.

Ramuan ini harus dibuat secara serius, karena banyaknya bahan yang berbahaya dan diperlukan penanganan yang hati-hati terhadapnya bahkan dalam tahap persiapannya. Disarankan untuk menggunakan sarung tangan. Bila salah pembuatan, akan menimbulkan efek samping berbahaya.

Misal, penanganan akar Valerian yang salah bisa memicu kematian (bila ramuan diminum) atau paling tidak gatal-gatal dan ruam-ruam merah (bila ramuan dioleskan) pada kulit, karena fungsi dari akar Valerian adalah untuk menetralisir racun yang terdapat pada lendir Streeler.
Contoh lain, bila salah pemasukan urutan bulu Fwooper, maka perubahan warnanya pun tidak akan sempurna akan akan loncat-loncat. Kau mungkin membayangkan warna merah untuk tasmu, tapi yang terjadi tas itu berubah warna jadi hijau, atau malah loreng-loreng seperti harimau.

IV. Bahan-bahan dan alat-alat yang dipergunakan dalam membuat Ramuan Pengubah Warna

1. Knotgrass (tanaman rendah berbunga dadu dan berdaun biru keabu-abuan)
2. Akar Daisy (diiris dengan ukuran yang sama)
3. Akar Valerian (merupakan akar penyembuh segala, untuk menetralkan racun lendir streeler, diiris dengan ukuran yang sama)
4. Lendir Streeler (diencerkan, penanganan harus hati-hati, beracun)
5. Kelopak Dafodil (diiris tipis)
6. Bulu Fwooper lima warna: oranye, pink, hijau limau, kuning, dan ungu
7. Air (secukupnya, untuk mengencerkan ramuan)
8. Kuali timah hitam-timah putih, ukuran standar 2
9. Pengaduk ramuan dari kayu
10. Peralatan pembuatan ramuan lainnya

V. Cara Membuat

1. Panaskan kuali dengan api biru sedang, kurang lebih sekitar dua puluh menit, sampai kualinya nampak beruap.
2. Saat kuali sudah siap, masukkan lendir streeler dan air perlahan. Lendir streeler dalam takaran yang sesuai dan sudah diaduk, tidak boleh menggumpal, serta air yang dimasukkan setelahnya, harus dituangkan sambil mengaduk ramuan, ditambah lima kali searah jarum jam setelah air seluruhnya tertuang.
3. Setelah lendir cukup kental, masukkan knotgrass, dafodil, dan akar daisy secara berurutan, usahakan jangan sampai terjadi riak dalam kualimu, biarkan bahan masuk ke dalam ramuan dengan sendirinya.
4. Setelah seluruh bahan tenggelam sepenuhnya, barulah aduk ramuannya lima putaran berlawanan arah jarum jam, kemudian kau bisa bernapas lega selama sepuluh menit.
5. Setelah sepuluh menit, masukkan penetral racunnya, akar Valerian. Aduk lagi tiga putaran searah jarum jam, dan tiga putaran berlawanan arah jarum jam. Ramuan akan memucat dari biru tua ke biru muda. Setelahnya, masukkan satu-persatu Bulu Fwooper lima warna secara berurutan: oranye, pink, hijau limau, kuning, dan ungu.
6. Masukkan bulu oranye, ramuan berubah menjadi jingga terang. Bulu warna pink, ramuan memucat menjadi merah muda. Bulu hijau limau dimasukkan, ramuan kembali berubah menjadi hijau limau mirip warna bulu yang dimasukkan. Selanjutnya bulu kuning, dan ramuan memucat menjadi kuning matahari. Terakhir, bulu ungu lembut dijatuhkan ke dalam kuali, dan ramuan menjadi ungu lembut pula.
7. Aduk ramuannya tiga putaran penuh, selang-seling ke kanan-kiri-kanan. Si ramuan akan berubah warna menjadi keperakan yang berkilau. Dan... Poof... Api di bawah kuali akan padam. Tanda bahwa Ramuan sudah selesai proses pengerjaannya.

VI. Uji Coba

Teteskan beberapa percikan ramuan itu ke benda yang akan diubah warnanya, dan bayangkan warna yang diinginkan. Dalam beberapa saat, warna benda tersebut akan berubah menjadi seperti yang kau inginkan.

VII. Sumber

1. Buku Perubahan Instan: Ramuan Berubah Warna, Perpustakaan Sekolah Sihir Hogwarts;
2. Buku Pengenalan Ramuan-Ramuan Paling Lengkap, Perpustakaan Sihir Hogwarts;
3. Buku Pembuatan-Ramuan Tingkat Menengah, Tingkat 4, Perpustakaan Sihir Hogwarts;
4. Buku Seribu Satu Tanaman Obat dan Jamur Gaib, digunakan untuk mendapatkan deskripsi bahan-bahan.

VII. Lain-lain

1. Ramuan ini sangat sulit cara pembuatannya, dan memerlukan disiplin yang tinggi saat pemasukan bahan, harus sesuai waktunya dan dijaga kebersihan bahan-bahan dan alat-alatnya.
2. Ramuan ini bisa dibuat dalam waktu dua jam, asalkan semua bahannya sudah siap. Hal ini perlu, karena beberapa bahan membutuhkan waktu untuk didapatkan dan siap
3. Karena efeknya dalah mengubah warna dan diarahkan menggunakan pikiran, sebaiknya benar-benar berkonsentrasi.
4. Tidak boleh ditambah gula untuk meningkatkan cita rasa, tapi boleh dibubuhkan beberapa tetes lemon.
5. Di perpustakaan Hogwarts, ramuan ini ada di buku Perubahan Instan: Ramuan Berubah Warna, yang terdapat di seksi terlarang. Hanya siswa-siswa di atas kelas empat yang mulai membuatnya, karena kerumitannya.

Peringatan: Hanya boleh dibuat oleh siswa kelas empat ke atas!)


N.B : Huff.... Kayaknya cukup segini, sisanya nyusul!

0 komentar:

Posting Komentar